Jumat, 16 April 2010

Game Drop Off

Membuat mobile game ‘Drop Off”

Game merupakan salah satu unsur dalam pemrograman computer, terutama dalam hal ini pemrogaman multimedia. Dilihat dari unsur multimedia yang berupa teks, gambar, audio, video dan animasi, ke 5 unsur tersebut hampir seluruhnya terpenuhi. Game merupakan suatu aplikasi yang membuat seseorang merasa tertantang dalam memainkannya.

Game saat ini sudah merambah area mobile yang praktis. Dalam penggunaannya, handphone sudah bukan merupakan barang langka yang bisa melakukan apapun, tapi sudah merupakan barang wajib yang harus dimiliki semua orang kebanyakan. Di dalam game terdapat oponent/lawan yang akan kita kalahkan, Goal dari permainan kadang sulit didapatkan karena kita akan melawan komputer itu sendiri. Kali ini saya akan mencoba membuat mobile game yang berkategori game ketangkasan. Game ini saya beri nama ‘Drop Off’.

Tema Game

Pada projek mata kuliah Pemograman Multimedia, Saya akan membuat sebuah game dengan menggunakan bahasa pemrograman J2ME yang saya beri nama games tersebut Drop Off. Di dalam game ini akan menampilkan gambar bola dan garis, dimana kita harus membuat bola tersebut melewati garis yang menjadi penghalang bola tersebut turun.

Game ini memiliki tahap yang dilewati, tahap tersebut berupa kecepatan naiknya garis, bila tidak cepat melewati garis tersebut maka bola akan terhimpit ke atas dan Game Over. Game ini akan mengasah kecepatan mata dan kecepatan tangan untuk menekan tombol arah kiri dan kanan.

Bahasa dan Program Editor

Permainan ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman J2ME. Dan disini penulis menggunakan wireless toolkit 2.5.2 sebagai program editor. Alasan penulis menggunakan wireless toolkit 2.5.2 ini karena menurut penulis editor ini lebih mudah untuk digunakan.

Rule

Dalam Permainan ini penulis memberikan tantangan kepada pemain untuk melihat lebih cepat dimana jalan keluar bagi bola untuk dapat melewati garis tersebut. Permainan ini membatasi waktu bagi pemain untuk menggerakkan tombol untuk menjatuhkan bola karena semakin lama akan semakin cepat waktunya.

Batas Usia

Permainan ini dapat dimainkan untuk semua usia. Karena permainan ini mengasah ketrampilan otak dan kejelian penglihatan dalam mencari jalan keluar bola.


Gambar Output Game


By: Siti Nuraini Datau---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar